Keutamaan Tata Cara Niat Puasa Nisfu Sya'ban

Salah satu bulan yang banyak memiliki keutamaan adalah bulan Sya'ban. Bahkan baginda Nabi Muhammad SAW jika telah memasuki bulan sya'ban beliau selalu mengisinya dengan berbagai amal-amalan yang istimewa yang mana di antranya adalah puasa. Meskipun hukumnya sunnah tetapi baginda Nabi selau melaksankannya.

Sudah kita maklumi bahwa melaksanakan puasa terbagi dua bagian,yang pertama wajib yaitu puasa bulan Ramadhan jika di tinggalkan maka berdosa dan di hari yang lainnya wajib menggantinya atau yang biasa di sebut dengan puasa Qhado. Yang kedua puasa sunnah yaitu apabila di kerjakan mendapatkan pahala dan jika di tinggalkan tidak mendapatkan siksa.

Namun perlu di ingat meskipun melaksanakan pusa nisfu sya'ban ini hukumnya sunnah,tapi alangkah baiknya jika kita bisa melaksankannya,karena baginda Nabi juga telah meberikan contoh kepada kita dengan melaksanakn puasa sya'ban tersebut,bahkan Nabi sangat menyukai puasa bulan sya'ban.

Bahkan seorang ulama besar asal banten yaitu Syekh Nawawi al-Bantani,menjelaskan bahwa puasa sya'ban ini di sunnahkan oleh rosululloh,karena belau juga selalu melaksankannya dan sangat menyukainya. Maka siapa saja yang melaksanakan puasa di bulan sya'ban maka ia akan mendapatkan syaf'aat dari Baginda Nabi Muhammad kelak di akhirat.

Telah kita maklumi khususnya bagi kaum muslimin bahwa bulan sya'ban ini adalah salah satu bulan yang di penuhi dengan keberkahan oleh Alloh SWT. Maka sudah semestinya kita menyambut dan mengisi bulan sya'ban ini dengan berbagai amal ibadah,terutama pada malam nisfu sya'ban yaitu malam pengangkatan/penyetoran catatan amal ibadah kita kepada Alloh SWT.

Adapun mengenai tata cara puasa sunnah nisfu sya'ban ini atau setengah pertama bulan sya'ban sbenarnya sama seperti puasa pada umumnya. Namun ada beberapa hal yang perlu di ketahui dari batasan waktu tanggal pelaksanaanya karena puasa sunnah nisfu sya'ban ini jarang di lakukan oleh semua umat islam pada umumnya.

Para ulama berpendapat bahwa puasa sya'ban dari tanggal 16 samapai 30 sya'ban hukumnya adalah haram kecuali kalau puasa nadzar atau qhada,serta apabila puasa tanggal 15 maka boleh berpuasa pada tanggal 16 dab boleh juga di lanjut pada tanggal 17,namun apabila tanggal 18 tidak berpuasa maka tanggal 19 nya haram berpuasa.


Bacaan Niat Puasa Sya'ban

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى
Nawaitu Shauma Shahri Sya'bana Sunnatan Lillaahi Ta'aala

Artinya:Saya niat puasa bulan sya'ban sunnah karena Allah Ta'ala

Itulah tadi penjelasan tentang keutamaan tata cara niat puasa nisfu sya'ban yang mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan tambahan ladang amal kita untuk menyambut datangnya bulan sya'ban,dan bisa di jadikan sebagai ajang melatih diri berpuasa pada bulan suci ramadhan, semoga bermanfa'at.