Bacaan Niat Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arofah Lengkap Dengan Keutamaannya

Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang termasuk ke dalam salah satu bulan yang di pilih oleh Allah SWT,atau bisa di sebut dengan bulan Al Asyhurul Hurum yaitu,bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Bulan-bulan ini di istimewakan oleh Allah SWT dengan kesuciannya. Dan Allah menjadikannya sebagai bulan pilihan di antara bulan lainnya. Sebagaimana dlam alquran Allah berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ (التوبة : 36)

"Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa." (QS. At Taubah:36)

Di bulan ini banyak sekali keutamaan yang harus kita lakukan,di antaranya adalah melaksanakan puasa sunnah pada tanggal 8 dan sembilan Dzulhijjah,yang mana tanggal delapan di sebut puasa tarwiyah,dan tanggal sembilan di sebut puasa Arafah. Pahalanya dan fadilahnya sangat besar sekali jika kita melaksanakannya.

Apa saja fadilah yang akan kita dapatkan jika melaksanakan puasa sunnah ini? Menurut Imam AL Ghozali,orang yang berpuasa pada tanggal 8 Dzulhijjah (puasa tarwiyah)ia akan mendapatkan pahala seperti pahala kesabaran Nabi Ayub AS atas penderitaanya. Ini bersumber dari Hadits Nabi SAW:
وعنه صلی اﷲ عليه وسلم: من صام يوم الترويۃ اعطاه اﷲ مثل ثواب صبر ايوب عليه سلم علی بلاءه.

Dari Nabi shallallahu alaihi wasllam: barang siapa yang berpuasa pada hari tarwiyah maka Allah akan memberikan pahala seperti pahala kesabaran Nabi Ayub as. atas musibahnya.

Semakain tinggi tingkat keimanan seseorang maka akan semakin berat juga cobaan yang akan Allah Berikan kepadanya. Tujuannya tida lain hanya untuk menguji seberapa kuat dan besarnya keimanan dan ketaqwaan dia kepada Allah SWT.

Juga orang yang melaksanakan puasa di hari tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan di hapuskan dosanya satu tahun yang lalu,dan juga bakal di berkahkan hidupnya juga di lipat gandakan amal kebaikannya.

Adapun keutamaan melaksanakan puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah adalah (puasa Arafah) menurut Imam AL Ghozali ia akan mendapatkan pahala seperti pahala Nabi Isa Alaihissalam ini berdasarkan hadits Nabi SAW :

ومن صام يوم عرفۃ اعطاه اﷲ ثوابا مثل ثواب عيسی عليه السلام
Barangsiapa yang berpuasa pada hari arafah maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala Nabi Isa alaihissalam.

Dan juga melaksanakan ibadah sunah puasa Arafah, Allah akan mengampuni dosa tahun lalu dan dijaga untuk tidak melakukan dosa atau maksiat di tahun yang akan datang.Keutamaan tersebut juga tertuang dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah al-Anshar:

"Dan Rasulullah SAW ditanya tentang berpuasa di hari Arafah. Maka, baginda bersabda, 'Ia menebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang'.” (HR Imam Muslim).

Tidak hanya itu, melaksanakan Puasa Arafah juga dapat melipatgandakan pahala kita.

Lalu bagai mana cara niat puasa Tarwiyah dan Arafah?

Niat Puasa Tarwiyah
نويتُ صومَ تَرْوِيَة سُنّةً لله تعالى

(Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala)

Artinya, "Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta'ala."

Niat Puasa Arafah
نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: "Saya Niat Puasa Sunnah Arafah karena Allah Ta’ala".

Sementara hukum melaksanakan puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah ini adalah sunnah muakkad atau sangat di anjurkan,meskipun hukumnya sunnah tapi sangat di anjurkan untuk kita laksanakan. Karena memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa. Namun jika di bandingkan antara pusa tarwiyah dan arafah,puasa arafah lebih spesial,tapi alangkah baiknya jika bisa melaksanakan dua-duanya.

Itulah tadi penjelasan tentang keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah di lengkapi dengan bacaan niat puasa Tarwiyah Arafah. Dan nada juga bisa membaca penjelasan tentang puasa sunnah lainnya seperti puasa senin kamis,puasa sunnah rajab puasa ramadhan da lainnya,semoga ini bermanfaat dan menjadi jalan untuk menggapai ridho Allah SWT. Amiiin