Penjelasan 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Di Lengkapi Maknanya

Seseorang bisa di sebut beragama islam jika memenuhi dua pilar utama yaitu rukun islam dan rukun iman.Rukun iman dan islam adalah Pondasi paling utama dalam agama islam.Jika pondasi iman dan islamnya seseorang kuat,maka sebesar apapun godaan dan cobaan yang menimpanya pasti tidak akan goyah.

Oleh karena itu penting bagi setiap individu umat muslim megakui keislamannya dengan mengamalkan apa-apa yang terkandung dalam rukun islam,dan mengimani serta mengi'tiqadkan segala sesuatu yang terkandung dalam rukun iman.Karena hal inilah yang akan menjamin di terima dan tidaknya amal seseorang.

Adapun makna rukun adalah,sesuatu yang mesti harus di lakukan sebelum mengerjkan suatu amal ibadah yang di perintahkan oleh Allah SWT.Seperti misalnya kita sering beribadah shalat,puasa dan lainya,tapi kita tidak beriman dan tidak islam maka amal ibdah yang kita lakukan akan sia-sia.

Penjelasan 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Di Lengkapi Maknanya

Karena amal ibdah yang akan di terima oleh Allah SWT adalah amal ibdahnya orang yang beriman dan islam.Oleh karena itu penting bagi kita umat muslim megetahui dan mengamalkan rukun islam dan rukun iman,karena dua hal inilah yang akan menjadi tolak ukur keimanan dan keislaman seseorang.

Mungkin di antara kita ada yang belum tahu tentang rukun islam dan rukun iman.Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan ikhwan dan akhwat yang belum tahu tentang bagian rukun islam dan bagian rukun iman.Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan memudahkan anda dalam memahami agama islam.

Pengertian Iman
Iman adalah membenarkan dengan hati,mengikrarkan dengan lisan dan merealisasikannya/mengerjakannya dengan anggota badan,yang di sebut dengan pengamalan.

Rukun Iman

1.Iman kepada Allah SWT
Yaitu dengan cara beri'tikad dalam dalm hati dan bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah,juga mengetahui da mengetahui dan mengimani sipat-siap yang wajib ,jaiz dan mustahil bagi Allah SWT.

2.Iman Kepada Malaikat Allah SWT
Yaitu dengan cara beri'tikad dan meyakini adanya malaikat,yang mana siapatan malaikat itu tidak seperti manusia,bukan laki-laki bukan perempuan,dan tidak pernah berbuat dosa,tidak makan dan minum,malaikat adalah sebangsa ruh.Adapun jumlahan malaikat tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT.Namun ada sebagian malaikat yang wajib kita ketahui yaitu ada sepuluh

1.Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi
2.Malaikat Mikail tugasnya memebrikan rizki kepada semua makhluq
3.Malaikat Israfil tugasnya meniup sangkakala
4.Malaikat Izrail tugasnya mencabut nyawa
5.Malaikat Rakib tugasnya mengawasi dan meneliti pekerjaan makhluq
6.Malaikat Atid tugasnya mengawasi dan meneliti pekerjaan makhluq
7.Malaikat Munkar tugasnya menanyai setiap manusia di alam kubur
8.malaikat Nakir tugasnya menanyai setiap manusia di alam kubur
9.Malaikat Malik tugasnya menjaga neraka
10.Malaikat Ridwan tugasnya menjaga surga

3.Iman Kepada Kitab-Kitab Allah
Yaitu dengan cara menyakini dan mempercayai ada kitab-kitab Allah.Yang mana jumlah seluruhnya kitab Allah yang di turunkan kedunia ada 104 kitab.Namun yang perlu kita ketahui ada empat kitab

1.Kitab Taurot yang di berikan kepada Nabi Musa as
2.Kitab Zabur yang berikan kepada nabi Daud as
3.Kitab inzil yang di berikan kepada Nabi Isa as
4.Kitab Al-Qur'an yang di berikan kepada Nabi Muhammad SAW

4.Iman Kepada Para Rasul Allah SAW
Yaitu Dengan cara menyakini adanya Rasul,dan mengetahui sipat-sipatnya Rasul yang wajib,jaiz dan mustahil.Jumlah Rasul para ulama berikhtilap ada ayang menyebut 113,ada juga yang menyebut 114.Adapun jumlahnya Nabi yaitu 124000 Nabi.Namun jumlah Nabi yang wajib kita ketahui ada 25 nabi

1.Nabi Adam as
2.Nabi Idris as
3.Nabi Nuh as
4.Nabi Hud as
5.Nabi Shaleh as
6.Nabi Ibarahim as
7.Nabi Lut as
8.Nabi Ismail as
9.Nabi Ishaq as
10.Nabi Ya'qub as
11.Nabi Yusup as
12.Nabi Ayyub as
13.Nabi Syu'aib as
14.Nabi Musa as
15.Nabi Harun as
16.Nabi Dzulkifli as
17.Nabi Dawud as
18.Nabi Sulaiman as
19.Nabi Ilyas as
20.Nabi Ilyasa as
21.Nabi Yunus as
22.Nabi Zakaria as
23.Nabi Yahya as
24 Nabi Isa as
25.Nabi MUhammad SAW

5.Iman Pada Hari Akahir/Hari Qiyamat
Yaitu dengan acara meyakini bahwa akan adanya hari qiyamat,sebagaimana di jelaskan dalm Al-Quran

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

Artinya:Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.(QS : Al Hajj ayat 7)

6.Iman kepada Qhodo dan Qhodar
Yaitu meyakini dan mempercayai segala sesuatu yang telah terjadi dan akan terjadi,itu semua telah di tetapkan oleh Allah SWT.

Rukun Islam

Kata islam di ambil dari piil madi lapdz salama artinya damai,jadi islam adalah agama yang memberi kedamaian.Sebagaimana dalam al-Quran Allah berfirman:

وَإِن جَنَحُوا۟ لِلسَّلْمِ فَٱجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Artinya:Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

1.Syahadat
Yaitu mengucapkan

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah

2.Mendirikan Shalat
Mendirikan shalat adalah kewijiban bagi setiap individu muslim,bahkan shalat selain termasuk rukun islam shalat adalah tihangnya agama,bahkan di sebut juga pokonya ibadah,karena ibadah yang lain di terima dan tidaknya tergantung pada shalatnya.Jika shalatnya di terima maka amal ibdah yang lainnya juga pasti akan di terima,begitu juga dengan sebaliknya jika shalatnya di tolak maka amal yang lainnya juga akan di tolak(tidak di terima) oleh Allah SWT.

3.Membayar Zakat
Sama halnya seperti shalat zakat adalah kewajiban bagi setiap umat muslim,baik itu zakat fitrah atau zakatul mal,namun dalam zakatul mal ada kayyid yaitu bimana sudah mencapai nisob.Sebagaimana Allah berfirman:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.Dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.(QS.At-Taubah ayat 103).

4.Puasa Di Bulan Ramadhan
Di wajibkan puasa di bulam Ramadhan bagi setiap umat muslim,sebagimana dalam Al-Quran

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

5.Melaksanakan Ibadah Haji
Melaksanakan ibadah haji wajib bagi setiap umat muslim yang mampu melaksankannya atau sudah nisab.Sebagaimana Allah SWT berfirman

ٱلْحَجُّ أَشْهُرٌ مَّعْلُومَٰتٌ ۚ فَمَن فَرَضَ فِيهِنَّ ٱلْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِى ٱلْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ ٱللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ ۚ وَٱتَّقُونِ يَٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ

Artinya:(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi,barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.

Itulah tadi penjelasan tentang rukun islam dan rukun iman,mudah-mudah kita semua selalu di berikan hidayah dan taufik Oleh Allah SWT agar kita semua di tetapkan dan keadaan iman dan islam,dan semoga keimanan dan keislaman kita dapat kita bawa sampai akhir hayat amiiin.