Bacaan Niat Puasa Rajab Jumlah Puasa Dan Keutamaannya

Jumlah bulan pada tahun hijriyyah sama seperti bulan masehi yaitu 12 bulan,dari jumlah 12 bulan di tahun hijriyyah ada bulan yang sangat di istimewakan oleh Allah SWT yaitu ada empat bulan,tiga bulan berturut-turut yaitu Dzulqo'dah,Dzulhijjah dan Muharram,satu lagi adalah bulan Rojab yang terletak antara Jumadilakhir dan Sya'ban.

Dari salah satu bulan yang empat yang di istimewakan oleh Allah SWT adalah bulan Rajab,yang mana pada bulan ini terjadi kejadian yang sangat luar biasa bahkan setiap tahun rutin di peringati oleh seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia.Yaitu terjadinya isra dan mi'rajnya Nabi Muhammad SAW.

Kemuliaan empat bulan ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW dan firman Allah dalam Al-quran Surat At-Taubat ayat 36 yang mana isinya menjelaskan empat bulan yang di muliakan oleh Allah SWT bahkan di sebutnya juga bulan haram,yaitu bulam Dzulqo'dah,Dzulhijjah,Muharram dan Rajab.

Bacaan Niat Puasa Rajab Jumlah Puasanya Dan Keutamaanya

Maka dari itu bagi kita umat muslim di sunnahkan menghiasi bulan istimewa tersebut dengan berbagai amal shaleh.Yaitu di antaranya dengan malakukan puasa sunnah.Pada bulan Dzulhijjah puasa sunnah tanggal delapan(tarwiyyah)dan tanggal 9 (A'rofah),bulam Muharram puasa asyura (10 Muharram).

Sedangkan puasa sunnah di bulan Rajab para Ulama berbeda pendapat,menurut kalangan madzhab Syafi'i,Maliki dan madzhab Hanafi berpendapat bahwa puasa sunnah bulan rajab jumlahnya 30 hari.Namun perlu di ketahui jika tidak melaksanakan puasa sunnah rajab ini tidak menjadi dosa karena ini hukumya sunnah berbeda dengan puasa fardhu.

Namum meskipun hukumnya sunnah puasa di bulam haram ini,tetapi alangkah baiknya jika kita melaksankannya,karena dalam puasa sunnah ini mengandung hikamh yang begitu besar.Bahkan kata Rasulullah Sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan haram,yaitu Dzulqo'dah,Dzulhijjah,Muharam dan Rajab.

Hadits yang menjelaskan empat bulan yang di muliakan Allah SWT

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

“Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.”

Sedangkan ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang bulan haram adalah

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya :
Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS. At-Taubah : 36)

Bacaan Niat Puasa rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :

Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala

Itulah tadi penjelasan tentang puasa sunnah Rajab dan bacaan niat puasa rajab.Pada intinya puasa sunnah sama seperti puasa fardhu/wajib.