Doa Sahur Amalan Paling Ampuh Di Waktu Sahur Dan Niat Puasa

Waktu sahur merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa,terutama di bulan Ramdhan.Jika kita berdoa dan meminta kepada Allah di waktu sahur tepatnya di sepertiga malam terakhir maka insya alloh segala hajat kita akan di kabulkan oleh Allah SWT.

Berdoa di waktu sahur adalah waktu yang sangat tepat.Namun doa ketika makan sahur tidak ada doa khusus,dalam kitab-kitab fiqih terkemuka spserti fiqih empat madzhab tidak di cantumkan doa sahur,yang di cantumkan hanya doa berbuka saja.

Doa Sahur Amalan Paling Ampuh Di Waktu Sahur Dan Niat Puasa

Maka dengan demikian bacan doa sebelum makan sahur tidak ada bedanya seperti doa sebelum makan biasanya.yakni membaca doa yang sudah populer dan biasa kita bacakan yaitu :

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka”

Namun berdasarkan hadits sebelum membaca doa tadi di atas terlebih dahulu harus membaca basmallah

ذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa, hendaklah ia membaca ‘Bismilaahi awalahu wa aakhirahu’” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Bacaan niat puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Apa sebenarnya amalan yang paling baik yang harus kita bacakan di waktu sahur?

Kalau melihat dari Al-Quran amlan yang paling baik untuk kita amalkan pada waktu sahur adalah memperbanyak membaca istigfar memohon ampunan kepada Allah SWT.Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah Ali Imran ayat 17

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17).

Itulah tadi amalan dan doa ketika waktu sahur,perbanyaklah membaca istigfar dan membaca shalwat kepada nabi di waktu sahur supaya kita mendapat ampunan dari Allah dan mendapatkan syafaat dari Rasulullah nanti di hari qiamat.