Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Lengkap Dengan Penjelasannya

Puasa adalah menahan lapar dan dahaga dari mulai terbit fajar hingga terbenamnnya matahari.Tetapi dalam puasa tidak hanya itu saja yang perlu kita ketahui.Dalam puasa ada syarat puasa,rukun puasa,dan ada juga yang membatalkan puasa,baik itu puasa sunnah maupun puasa pardhu.

Ketika kita masih kecil mungkin kita sering mendengar kalimat ini,"Jangan nangis nanti puasanya batal lho".Bahkan kita bukan cuma mendengar tapi terkadang kita juga ikut mengucapkan kata-kata tersebut pada adik-adik kita atau kepada teman-teman kita.Tapi apakah hal tersebut benar membatalkan puasa?

Hal-hal yang membatalkan puasa terkadang bagi orang yang kurang fahan menjadi perdebatan,di antaranya seperti menangis,marah,menelan ludah atau dahak,hingga yang paling populer yaitu masalah mencicipi makan.Nah daripada anda bingung pada artikel ini kami akan membahas tentang semua itu.

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Lengkap Dengan Penjelasannya

Apakah berkumur membatalkan puasa?
Berkumur tidak membatalkan puasa,asalkan airnya tidak tertelan.Kalau airnya tertelan baik di sengaja atau tidak di sengaja maka puasanya batal.

Apakah menangis membatalkan puasa?
Menangis sama sekali tidak membatalkan puasa asalkan air matanya tidak di telan.

Apakah muntah membatalkan puasa?
Jika muntahnya dengan sengaja maka puasanya batal.

Apakah merokok membatalkan puasa?
Merokok dapat membatalkan puasa karena memasukan sesuatu kedalam lubang salah satu anggota tubuh hingga lambung dengan sengaja dan menimbulkan kenikmatan.

Apakah mencicipi masakan/makanan membatalkan puasa?
Bagi orang yang berpuasa di perbolehkan mencicipi masakan jika di butuhkan.Caranya dengan di letakn di ujung lidah lalu di rasakan,lalu di keluarkan atau di ludahkan dan tidak ada yang di telan sedikitpun.

Apakah menelan ludah membatalkan puasa?
Menelan ludah tidak membatalkan puasa,tapi kalau dahak sudah dalam mulut tidak boleh di telan kembali.

Itulah tadi biasanya pertanyaan yang sudah sering kita dengar.Suaoaya lebih jelasnya bahwa yang membatalkan puasa ada 7 hal yaitu:

1. Makan dan minum secara sengaja
2. Berhubungan suami istri(berhubungan intim).
3. Keluar mani dengan sengaja karena bersentuhan
4. Perempuan yang haid atau nifas
5. Muntah dengan sengaja
6. Hilang akal karena gila atau karrena mabok
7. Murtad (keluar dari agama islam).

Itulah tadi beberapa hal yang dapat membatalkan puasa,baik itu puasa sunnah seperti puasa senin kamis atau puasa wajib.Semoga bermanfaat dan semoga amal ibadah puasa kita di terima aoleh Allh SWT.