Bacaan Tahiyat Awal Akhir Arab Latin Artinya Lengkap Dan Benar

Di antara kewajiban pokok yang Allah berikan kepada kita adalah shalat yang lima waktu.Namun dalam mengerjakan shalat ada yang di sebut dengan syarat shalat dan rukunnya shalat.Syarat dan rukun adalah yang menentukan sah dan tidaknya shalat kita,jika syarat dan rukunnya benar maka sahlah shalat yang kita kerjakan.

Di antara rukun shalat ada yang di sebut dengan tasyahud/tahiyyat,namun tasyahud ada dua,ada tasyahud awal dan tasyahud akhir,yang menjadi rukun dalam shalat adalah duduk tasyahud akhir,karena tasyahud awal hukmnya sunnah ab'ad (termasuk bagian dalam shalat).Kecuali dlam shalat subuh hanya ada tasyahud akhir saja.

Oleh karena itu penting bagi kita umat muslim mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan shalat,baik dari tata cara maupun bacaan dalam shalat,termasuk bacaan tasyahud baik itu bacaan tasyahud awal maupun tasyahud akhir.Karena semua itu sangat menentukan sah dan tidaknya shalat kita.

Bacaan Tahiyat Awal Akahir Arab Latin Artinya Lengkap Dan Benar


Bacaan tasyahud/tahiyyat dalam shalat,baik itu shalat fardhu atau shalat sunnah itu sama saja bacaannya.Yang mana arti dari kata tahiyat adalah penghormatan.Awal mulanya pada waktu Rasulullah SAW melaksanakan isra mi'raj para malaikat memberikan penghormatan kepada baginda Nabi dengan mengucapkan kalimat attahiyyat.

Adapun di sebut dengan tasyahud,karena pada pada bacaan tasyahud/tahiyyat ini ada kalimah ashadu yang di ambil dari kata mufradnya yaitu syahida artinya bersakasi.jadi makna tasyahud adalah bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Nabi Muhammaad utusan Allah.

Mengetahui bacaan tasyahud akhir sangatlah penting,karena dalam bacaan tasyahud akhir ada bacaan yang termasuk dalam rukun shalat,yaitu membaca sholawat kepada Nabi atau yang suka di sebut dengan shalawat ibrohimiyyah,juga membaca salam yang pertama sambil menoleh ke arah sebelah kanan.

Nah bagi teman-teman yang belum hafal tentang bacaan tasyahud awal atau akhir,pada kesempatan ini kami akan berbagi dengan teman-teman tentang bacaan-bacaan tasyahud,baik itu taysahud awal maupun bacaan tasyahud akhir yang sesuai dengan anjuran,karena jika tidak sesuai dengan anjuran maka tasyahud kita tidak sah dan shalat kitapun tidak sah.

Bacaan Tahiyyat/Tasyahud awal

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ


ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWAATUT TOYYIBAATULILLAAH ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADIL-LAAHISH-SHOOLIHIINA. ASYHADU ANLAA ILAAHA IL-LALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH. ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN

Artinya :
Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya.

Bacacan Tasyahud/Tahiyyat Akhir

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWAATUT TOYYIBAATULILLAAH ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADIL-LAAHISH-SHOOLIHIINA. ASYHADU ANLAA ILAAHA IL-LALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH. ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN. KAMAA SHOL-LAITA 'ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA WABAARIK 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAAROKTA 'ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN

Artinya :
Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Berkatilah ke atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau berkati ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim di dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

Cara Duduk Tasyahud Awal

Cara duduk tasyahud awal sebagaimana yang di lakukan Imam Syafi'i dan Abu Hanifah,adalah dengan cara melipat kaki kiri kemudian memelakan pantat di atas kaki kiri,kemudian telapak kaki kanan di tegakkan dan jari-jarinya mengahdap kearah kiblat atau duduk pada tahiyyat akhir ini di sebut duduk iftirasy.

Cara Duduk Tahiyyat Akhir

Cara duduk tahiyyat akhir yaitu dengan cara menghamparkan/menelonjorkan kaki kiri kearah sebelah kanan tepatnya di bawah betis kaki kanan,kemudian mendudukan pantat ke atas lantai dan telapak kaki kanan di tegakkan jari-jarinya mengarah kearah kiblat.Dududk seperti ini di sebut duduk tawaruk.Cara duduk seperti ini di lakukan oleh Imam Syafi'i.

Bacaan doa tasyahud awal dan akhir ini adalah bacaan yang harus di ketahui setiap umat muslim,karena tasyahud dan bacaan tasyahud ini termasuk dalam rukun shalat,jika tasyahud dan bacaan tasyahudnya salah maka shalatnya juga tidak akan sah.