Kumpulan Bacaan Sholwat Nabi Lengkap Arab Latin Artinnya

Di antara bentuk kecintaan seorang umat kepada Rasulullah adalah dengan sering membaca sholawat kepada beliau. Jadi ciri orang yang benar-benar mencintai Rasulullah adalah orang yang sering membaca shalawat dalam keadaan apapun baik di siang hari maupun di malam hari.

Adapun tujuan kita membaca sh0lawat adalah supaya kita mendapat syafaat dari Rasulullah SAW nanti di hari kiamat. Maka dari itu jika kita menginginkan mendapat syafa'at dan di panggil-panggil oleh Rasulullah SAW nanti di hari kiamat sering-seringlah membaca shalwat kepada beliau.

Ada beberapa hadits yang menjelaskan keutamaan dan keistimewaan yang terkandung dalam bacaan shalawat. Diantaranya jika kita berdoa di anjurkan membaca sholawat terlebih dahulu,begitu juga setelah membaca doa maka tutuplah doa tersebut dengan membaca shalawat kepada Nabi. Karena yang bisa menyampaikan doa kita kepada Allah yaitu lewat shalwat.

Kumpulan Bacaan Shalwat Nabi Lengkap Arab Latin Artinnya

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman-teman sekalian teks bacaan shalawat kepada Nabi dengan lengkap. Dan semoga adanya artikel ini dapat membantu dan memudahkan anda yang ingin membaca shalawat tapi belum faham tentang bacaan shalawat tersebut.

Apa saja keutamaan membaca sholawat kepada Rasulullah?

Di antara keutamaan membaca sholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW sebagaimana dalam hadits

عن أنس بن مالك قال:قال رسول الله : «مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ»

رواه النسائي وأحمد وغيرهما وهو حديث صحيح.

Dari Anas bin malik radhiallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”

Apa sebenarnya makna sholawat

Makna sholawat dari Allah SWT kepada hambanya adalah Limpahan rahmat,pengampunan,pujian,kemuliaan dan keberkahan dari-Nya.Ada juga yang mengartikannya dengan taufik dari Allah SWT untuk mengeluarkan hamba-Nya dari kegelapan menuju cahaya petunjuk-Nya.Sebagaimana dalam firman-Nya

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا

“Dialah yang bersholawat kepadamu (wahai manusia) dan malaikat-Nya (dengan memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS al-Ahzaab:43).

Bahkan saking pentingnya membaca sholawat kepada Nabi,ketika kita mendengar nama Nabi Muhammad maka kita di wajibkan membaca

صلى ا لله عليه وسلم

“Shallallahu ‘alaihi wa sallam”

Dari Husain bin ‘Ali bin Abi Thalib, ia berkata,

“Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Orang yang bakhil (kikir/pelit) itu ialah orang yang apabila namaku disebut disisinya, kemudian ia tidak bershalawat kepadaku (dengan ucapan-red)
صلى ا لله عليه وسلم 
  (shallallahu ‘alaihi wa sallam).

Bahkan dalam hadits yang di riwyatkan oleh Abu Hurairah

Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :”Hina dan rugi serta kecewalah seorang yang disebut namaku disisinya, lalu ia tidak bershalawat kepadaku”.

Bacaan shalawat yang paling ringkas dan sesuai hadits adalah

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma shallii wa sallim ‘alaa nabiyyinaa Muhammad.

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad).

Ada juga shalawat yang di katakan paling istimewa yaitu shalawat nariyah

اَللهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامَّاعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الَّذِىْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

ALLAAHUMMA SHOLLI SHOLAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAAN TAAMMAN ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL LADZII TANHALLU BIHIL’UQODU WATANFARIJU BIHILKUROBU WATUQDHOO BIHILHAWAAIJU WATUNAALU BIHIR ROGHOOIBU WAHUSNUL KHOWAATIMI WAYUSTASQAAL GHOMAAMU BIWAJHIHILKARIIMI WA’ALAA AALIHII WASHOHBIHII FII KULLI LAMHATIN WANAFASIN BI’ADADI KULLI MA’LUUMIN LAKA.

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Orang yang mengamalkan shalawat ini setiap hari sebanyak 100x dengan istiqamah,maka ia akan mendapatkan kelancaran rizki,di mudahkan urusannya,di jauhkan dari penyakit dan bahaya dan juga di akbulkan segala hajatnya.

Itulah tadi kumpulan bacaan sholawat lengkap dengan keutamaanya,semoga adanya artikel ini bisa membantu dan mendorong kita agar selalu membaca sholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW,dan semoga di kahirat kelak kita mendapatkan syafaatnya amiiiin yarobbal alamin.