Tata Cara Shalat Witir Bacaan Niat Fadhilah Dan Doa'anya

Tata cara shalat witir fadhilah Niat dan doa'anya - Di antara nama-nama sholat sunnah,ada yang di sebut dengan sebutan sholat sunnah witir. Sholat witir kalau melihat dari segi bahasanya,witir di ambil dari kata witrun yang artinya ganjil,jadi sholat witir itu adalah sholat yang jumlah rakaatnya ganjil,seperti satu,tiga,lima,tujuh dan lain-lain.sholat sunnah witir merupakan sholat sunnah yang istimewa,dari rakaat ia paling berbeda dengan sholat sunnah yang lainnya.

Dari segi keutamaan sholat witir ini memiliki banyak ke istimewaan,bahkan saking istimewanya rasululloh shallallohu 'alaihi wasallam sampai mewasiatkan kepada para sahabatnya,agar senantiasa mengerjakan sholat sunnah witir,sebagaimana dalam hadits Rasululloh bersabda:jadikanlah sholat witir menjadi penutup dari sholat malam kalian(muttafaqun alaih).oleh karena itu jangan sampai kita meninggalkan sholat sunnah witir.

Bagi kalian yang ingin melakasanakan shalat witir tapi belum tahu bagaimna tata cara shalat witir,niat shalat witir.dan ingin mengetahui apa sja fadhilahnya shalat witir,maka pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan penjekasn tentang shalat witir lengkap dengan niatnya fadhilahnya juga doanya.

Tata cara shalat witir fadhilah Niat dan doa'anya

Dan semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda yang belum tahu tentang shalat witir,niatnya juga doa dan fadhilahnya.Semoga dengan adanya artikel ini dpat membantu anda yang ingin meningkatkan kualitas ibadah yang sesuai dengan anjuran dan syriat Rasulullah SAW.

Bagaimna panduan solat witir? berikut ini pembahasan tentang sholat witir,mulai dari keutamaanya,jumlah rakaatnya,Niatnya,
dan juga doanya.

Keutamaan Sholat Witir

1 Amalan yaumiyah Rasululloh

Sholat sunnah witir merupakan amalan yaumiyah Rasululloh shallallu 'alahi wasallam.Beliau rutin melakukan sholat sunnah ini tiap malam,sebagai mana hadist dari Ali bin Abi Thalib radhiyallohu 'anhu: witir bukan suatu keharusan seperti sholat wajib kalian,akan tetapi ia adalah sunnah yang biasa di lakukan oleh Rasululloh shallallahu 'alaihi wasallam.(HR.An Nasa'i dan Tirmidzi;shahih lighairihi).

2 Allah Azza wajalla mencintai yang witir,karenanya sholat dengan rakaat witir sangat di cintainya,orang yang mengerjakan sholat sunnah witir juga akan di cintai Allah.sebagaimna sabda Nabi shalallohu 'alaihi wasallam:

إِنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ

“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.” (HR. Abu Dawud)

3 Amalan para ahli Al Quran

Para ahli Quran di kalangan sahabat adalah mereka yang hapal alquran dan berkomitmen dalam mengamalkan dan mendakwahkannya salah satu amalan yang di perintahkan rasululloh kepada ahli alquran adalah sholat witir agar semakain di cintai Allah SWT.

Sesungguhnya Allah itu witir,mencintai witir,maka lakukanlah sholat witir wahai ahli Al Qur'an(Tirmidzi Ibnu Majah;shahih)


4 Sangat di tekankan oleh Rasululloh

Sholat witir sangat di tekankan oleh Rasululloh kepada para sahabatnya,sehingga ketika beliau menjelaskan sholat ini Rasululloh sampai mengulangi penyebutannya sampai dua kali.

Sesungguhnya Allah Azza wajalla menambahkan satu sholat kepada kalian,maka lakukanlah sholat tersebut di antara sholat Isya dan sholat Subuh,yaitu sholat witir,sholat witir(HR.Ahmad;shahih)

5 Diwasiatkan di kerjakan setiap hari

Dari Abu Hurairah radhiyallohu 'anhu beliau berkata:

kekasihku(Muhammad) shalallohu 'alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara:puasa tiga hari setiap bulan,shalat dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur.(HR>Bukhari dan Muslim)

Waktu sholat witir

Waktu sholat witir bisa di lakukan setelah sholat isya hingga terbit fajar,sebagaimana dalam hadist Rasululloh di riwayatkan olehImam Ahmad

Rasululloh shallallohu 'alaihi wasallam mengerjakan sholat witir pada awal malam.kadang-kadang di pertenghan malam.kadang- kadang pula di akhir malam.(HR.Amad shahih).Namun yang paling sering rasululloh mengerjakan sholat witir di akhir malam. Dalam kitab piqih di sunnahkan menyegerakan sholat witir pada permulaan malam,bagi orang yang khawatir tidak bisa bangun
pada akhir malam.

Namun bagi orang yang sanggup bangun di akhir malam,di sunnahkan mengerjakan witir pada akhir malam.yang paling utama adalah pada akhir malam,sebagaimana hadis yang di riwayatkan jabir radhiyallohu 'anhu:

Barang siapa yang khawatir tidak akan sanggup bangun malam,hendaknya ia berwitir pada permulaan malam.Dan barang siapa yang merasa sanggup bangun pada akhir malam,hendaklah ia berwitir pada akhir malam itu.sebab mengerjakan sholat pada akhir malam itu di saksikan malaikat dan yang demikian itu adlah lebih utama.(HR.Muslim)

Jumlah rakaat sholat witir

Sesuai dengan namanya sholat witir adalah sholat yang jumlah rakaatnya ganjil.minimal satu rakaat, bisa juga tiga rakaat, lima rakaat atau tujuh rakaat.Sa'ad bin abi waqash radhiyallohu 'anhu merupakan contoh sahabat nabi yang mengerjakan sholat witir satu rakaat setelah sholat isya di Masjid Nabawi.ia pernah di tanya,engkau berwitir hanya satu rakaat saja dan tidak menambahnya,sa'ad menjawab iya,karena aku pernah mendengar Nabi bersabda:

Orang yang tidak tidur dulu sebelum witir adalah orang yang suka berhati-hati(HR.Ahmad;hasan)

Tata cara sholat witir

Dalam mengerjakan sholat witir boleh di kerjakan dua rakat-dua rakaat kemudian di akhiri dengan satu rakaat,dengan masing- masing satu tasyahud dan satu kali salam.Boleh pula seluruh rakaat dengan satu kali salam.untuk tiga rakaat atau lebih dengan sekali salam boleh hanya dengan satu tasyahud di rakaat akhir saja sebagaimana hadits dari Ummu salamah radhiyallohu
'anha:

Rasululloh shallallohu 'alaihi wasallam berwitir tujuh atau lima rakaat secara bersambung dan tidak di pisahkan dengan saalam(HR>An Nasa'i,Ibnu Majah dan Ahmad)

Surat yang di baca setelah membaca surat al fatihah

Jika sholat witirnta tiga rakaat,di sunnahkan pada rakaat yang pertama membaca surat al A'la dan surat Al Kafirun pada rakaat kedua.sedangkan pada rakaat ketiga membaca surat al ikhlas,surat alFalaq dan surat An nas.


Niat sholat witir

Semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah di dalam hati,sedangkan hukum melafalkan niat menurut jumhur ulama selain madzhab maliki hukumnya sunnah dalam rangka membantu hati menghadirkan niat.

Lafadz Niat sholat witir satu rakaat


أصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَة لِلهِ تَعاَلَى

“USHOLLII SUNNATAL WITRI ROK’ATAN LILLAAHHI TA’AALAA.”

Usholli sunnatal witri rok'atan lillaahi ta'aala
Artinya: Aku niat sholat sunnah witir satu rakaat karena Allah ta'ala

Lafadz niat sholat witir dua rakaat

أصَلّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri rok'ataini lillaahi ta'alaa
Artinya:Aku niat sholat sunnah witir dua rakaat karena allah ta'ala

Setelah sholat witir di sunnahkan membaca tiga kali

سُبْحَانَ الـمَلِكِ القُدُّوْسِ

subhaanal malikil qudduus
Artinta:Maha suci engkau yang maha merajai lagi maha sucu dari berbagai kekurangan

Dzikir tersebut di riwayatkan dalam hadits shahih riwayat Abu Daud dan An Nasa'i.

terus membaca doa sholat witir,berikut doanya:

اَللهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ، اَللهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

ALLAHUMMA INNAA NAS'ALUKA IIMAANAN DAA'IMAN, WANAS'ALUKA QALBAN KHAASYI'AN, WANAS'ALUKA 'ILMAN NAAFI'AN, WANAS'ALUKA YAQIINAN SHAADIQON, WANAS'ALUKA 'AMALAN SHAALIHAN, WANAS'ALUKA DIINAN QAYYIMAN, WANAS'ALUKA KHAIRAN KATSIIRAN, WANAS'ALUKAL 'AFWA WAL'AAFIYATA, WANAS'ALUKA TAMAAMAL 'AAFIYATI, WANAS'ALUKASY SYUKRA 'ALAL 'AAFIYATI, WANAS'ALUKAL GHINAA'A 'ANINNAASI. ALLAAHUMMA RABBANAA TAQABBAL MINNAA SHALAATANAA WASHIYAAMANAA WAQIYAAMANAA WATAKHUSY-SYU'ANAA WATADHORRU'ANAA WATA'ABBUDANAA WATAMMIM TAQSHIIRANAA YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ARHAMAR RAAHIMIINA. WASHALLALLAAHU 'ALAA KHAIRI KHALQIHI MUHAMMADIN WA'ALAA AALIHI WASHAHBIHI AJMA'IINA, WALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIINA.

Artinya :
Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Ya Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Demikian penjelasan tentang shalat witir,niat,keutamaan dan doa shalat witir,semoga kita semua bisa mengamalkannya dan mendapatkan pahala yang berliapat dari Allah SWT.