Tata Cara Sholat Istikharah Bacaan Niat Dan Doanya

Tata Cara Bacaan Shalat Istikharah,Niat dan Doanya - Shalat istikharah adalah shalat sunnah untuk meminta petunjuk kebaikan kepada Allah SWT.misalnya memilih jodoh atau pekerjaan. Dalam kitab fiqih empat madzhab Syaikh Abdurrahman Al Juzairi mengatakan,bahwa di sunnahkan bagi setiap muslim saat bingung menentukan pilihan apakah itu baik atau tidaknya untuk melakukan dua rakaat shalat sunnah istikharah,tapi ini dalam bentuk sesuatu yang di perbolehkan.

Shalat istikharah adalah shalat sunnah dua rakaat,kemudian setelah shalat dua rakaat berdoa kepada Allah dengan meminta di pilihkan yang terbaik,baik itu dalam usrusan jodoh atau dalam urusan pekerjaan. kita tidak tahu mana pilihan yang terbaik menurut Allah,karena sesuatu yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut Allah,oleh karena itu dengan shalat istikharah Allah akan menunjukan kepada kita mana pilihan yang terbaik menurut Allah.

bagaimana mengetahui hasil sholat istikharah bahwa kita di bimbing memilih A atau B atau sebaliknya? Tidak seperti persangkaan sebagian orang bahwa jawaban istikharah seseorang di kirim oleh Allah dalam bentuk mimpi. Sesungguhnya hasil istikharah adalah kemantapan hati,yakni hati kita lebih condong ke pilihan mana yang di rasa lebih baik untuk kita.Hati kita memilih mana/siapa itulah hasil istikharah kita,tidak harus berupa mimpi.

Menurut Imam An Nawawi setelah melakukan sholat istikhoroh seseorang harus mengerjakan apa yang di rasa lebih baik untuknya.di samping itu hendaknya ia bebas dari kemauan sendiri.jadi jangan ada rasa ini pilihan terbaik,sebelum mengerjakan shalat istikharah. Karena jika demikian,sma saja tidak melakukan istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah Swt.

Dalam hadits shahih Bukhari dari Jabir Bin Abdullah radiyallahu 'anhuma,ia berkata,Rasululloh SAW mengajarkan kami caramengajarkan shalat istikharah dalam segala urusan,sebagaimna beliau mengajarkan kami surat Al Qur'an. Beliau bersabda: jikasalah seorang hendak melakukan sesuatu,hendaklah terlebih dahulu shalat dua rakaat,selain shalat fardhu,lalu berdoa: Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan kepadamu dengan ilmu-Mu.

Tata Cara shalat istikharah

Dalam tata cara melakukan sholat istikharah dari segi pelaksaannya tidak ada yang mencolok,dalam artian sama saja seperti melaksankan sholat pada umumnya seperti sholat dhuha,sholat hajat,sholat tahajud dan lainnya. namun bagi anda yang masih belum faham tentang tata cara sholat istikharah did bawah ini kami akan merinci tata cara sholat istikharah dari mulai bacaan niat sampai salam dan di lengkapi denhan bacaan doanya.

1 Niat
Berikut bacaan niatnya:
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa
Artinya: Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala
2 Takbiratul ihram di ikuti dengan bacaan doa iftitah
3 Membaca surat Al Fatihah
4 Membaca surat dari alquran lebih utamnya membaca surah Al kafirun
5 Ruku dengan tuma'ninah
6 I'tidal dengan tuma'ninah
7 Sujud dengan tuma'ninah
8 Duduk antara dua sujud dengan tuma'ninah
9 Sujud kedua dengan tuma'ninah
10 Berdiri lagi untuk rakat yang kedua
11 Membaca surat Al fatihah kemudian membaca surat Al Ikhlas kemudian ruku' dan lainya sama seperti dalam rakaat yang
pertama.
12 Duduk tahiyat akhir dengan tuma'ninah
13 salam.

Kemudian membaca doa yang telah di ajarkan oleh Rasulullah. Namun sebelum dan sesudah membaca doa di sunnahkan membaca
hamdalah dan shalawat Nabi

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Bacaan Latin Doa Shalat Istikharah

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.
Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Itulah tadi pembahasan tentang sholat istikharah dari mulai tata cara shalat,niat dan doanya lengkap.Yang pada intinya shalat istikharah tidak jauh berbeda dengan shalat sunnah lainnya seperti sholat dhuha dan lain-lain.