Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Lengkap Dengan Keutamaanya

Dari salah satu kebiasaan Rasulullah yang perlu kita contoh adalah puasa senin kamis.Puasa hari senin dan kamis memiliki memiliki keistimewaan yang luar biasa. Diantaranya jika seseorang sering melaksankan puasa maka ia akan terhindar dari berbagai macam godaan syahwat,yang bisa menjerumuskan ke jurang kecelakan dunia akhirat.

Puasa termasuk kedalam bagian rukun islam yang lima,tetapi itu bukan puasa sunnah tapi puasa wajib yang jatuhnya pada bulan Ramadhan saja.Tapi adanya puasa sunnah seperti puasa senin kamis itu sebagai bentuk penyempurnaan iman kita kepada Allah SWT,dan bentuk mutaba'ah kita terhadap Rasulullah SAW.

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis Lengkap Dengan Bacaan Niatnya

Rasulullah SAW bersabda:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim)

Mengapa kita harus melaksankan puasa di hari senin dan kamis,karena kita sebagai umat Rasulullah perlu dan sudah seharusnya mengikuti apa yang Rasulullah SAW kerjakan,yang mana di antaranya adalah puasa senin kamis.Sebagaimana Aisyah Radhiyallahu 'Anhu ia berkata:

كَانَ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّي صَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ

Artinya:

“Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)

Rasulullah sangat menyukai puasa di hari senin dan kamis alasannya sebagaimana dalam hadis:

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ

Artinya:

“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Kemudian dalam hdits lainnya
وَعَنْ اَبِيْ هَرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ اْلَاعْمَالُ يَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَاُحِبّ اَنْ يٌّعْرَضَ عَمَلِيْ وَاَنَا صَائِمٌ

Artinya:

“Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi).

Dalam tata cara puasa sunnah senin kamis sama saja seperti puasa di bulan Ramadhan,yaitu dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Untuk bacaan lapadz niat puasa hari senin

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA.”

Artinya:

“Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Bacaan niat puasa sunnah hari kamis
نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA.”

Artinya:

“Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Itulah tadi artikel tentang keutamaan puasa senin kamis dan juga di lengkapi dengan bacaan niatnya semoga kita semua selalu di berikan taufik dan hidayah oleh Allah SWT,sehingga kita semua bisa mencontoh apa yang telah Rasulullah kerjakan.