Keutamaan Sholat Tahajud Tata Cara Bacaan Niat Dan Doanya

Keutamaan Shalat Tahajud Tata cara Niat Dan Doanya - Sholat sunat tahajud adalah salah satu sholat sunat yang paling di unggulkan dan di utamakan setelah sholat pardu lima waktu,ada banyak manfa'at,keutamaan dan fadilah yang dijanjikan oleh alloh da rasullnya di dalam Alqur'an dan Hadits.

Oleh karena itu sangat di anjurkan bagi setiap umat muslim untuk melaksanakan sholat sunat tahajud ini.Karena dalam shalat tahajud memiliki keistimewaan yang sangat besar dan sayang jika kita tinggalkan.Misalnya jika kita ingin mendapatkan kemulyaan di hadapan Allah dengan cara shalat itu bisa di capai.

Maka dari itu jangan pernah malas melaksanakan shalat tahajud,meskipun melakukannya pada waktu kebanyakan manusia terlelap tidur malam,tetapi perlu di ketahui,di sinilah Allah SWT meletakan ke istimewaanya maka bagi siapa yang bangun tengan malam melaksankan shalat tahajud maka ia akan mendapatkan pujiandan keistimewaan dari Allah SWT.

Keutamaan Shalat Tahajud Tata cara Niat Dan Doanya

Apalagi di jaman sekarang bayank alat-alat canggih dan modern yang bisa membantu membangunkan kita dari terlelapnya tidur malam,sedangkan pada jaman shohabat dulu untuk bisa bangun malam hanya mengandalkan niat da iman saja untuk dapat bangun melaksanakan sholat sunat tahajud.

Supaya lebih semangat untuk melaksnakan shalat tahajud,dalam artikel ini kami akan menuliskan beberapa keistimewaan dan keutamaan yang terkandung dalam shalat tahajud,di sini juga di lengkapi dengan tata cara shalat tahajud,niat shalat tahajud da juga di lengkapi dengan doa shalat tahajud.

Fadilah dan keutamaan sholat tahajud menurut Alquran dan Hadist

1 Doa kita mudah terkabul

di riwayatkan di abu hurairah bahwa Nabi SAW bersabda
Alloh turun ke langit dunia setiap malam di 1/3 malam terakhir.terus alloh berfirman,siapa yang berdoa kepadaku niscaya aku kabulkan,siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri,siapa yang minta ampunan kepda-Ku nisacaya Aku ampuni.demikianlah keadaanya hingga terbit fajar (HR.bukhori no.145 dan muslim no.758)

sesungguhnya di setiap malam hari,ada satu saat yang ketika muslim meminta kebaikan
dunia dan akhirat,pasti alloh memberinya,itu berlangsung di setiap malam.
(HR.Muslim).

2 Termasuk Orang Bertaqwa dan Melakukan Kebaikan

sebagaimana di dalam alquran "sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berda di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air,sambil mengabil apa yang di berikan rabb mereka.sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan,(yakni)mereka sedikit sekali tidur di waktu malam,dan di akhir-akhir malam mereka meminta ampun kepda alloh.(adz-Dzariyat:15-18)

3 Termasuk hamba yang paling banyak berbakti kepda alloh

4 Mendapatkan pahala 10 kali lipat nilainya

Dari ya'la bin 'atha' ia meriwayatkan dari bibinya salma,bahwa ia berkata,
Amr bin Al'ash berkata,wahai salma,sholat satu rakaat di waktu malam,
sama dengan sholat sepuluh rakaat di di waktu siang.

5 Dapat di Cintai Alloh SWT dan si angkat ke tempat yang terpuji

dalam alquran alloh bersabda

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu seabagi
suatu ibadah tambahan bagimumudah-mudahan tuhan-Mu mengangkat kamu ke tempat tang terpuji.
Al isra ayat 79

6 Di lindungi dari kejahatan setan

suatu hari pernah di ceritakan kepada Rosululloh shallallahu 'alaihi wasallam tentang orang yang tidur semalam suntuk tanpa mengingat untuk sholat,maka beliau menyatakan:orang tersebut telah di kencingi setan di kedua telinganya.
(Muttafaqun'alaih).

7 Sebagai Cara mendekatkan diri kepda alloh SWT

hendaklah kalian melaksanakan sholat malam,karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada tuhan kalian,serta penutup kesalahan dan penghapus dosa kalian. (HR.Tirmidzi,AlHakim,Baihaqi.di hasankan oleh Syekh Al-albani dalam irwa Al Ghalil).

8 Mendapat kemuliaan

Malaikat jibril pernah berkata pada Rasululloh SAW
Hei muhammad kemuliaan orang beriman adalah dengan sholat malam,
dan kegagahan orang beriman adalah bersikap mandiri dari batuan orang lain.
(silsilah alhdits ash-shahihah).

9 Dicatat sebagai hamba alloh yang rajin beribadah dan tidak lalai

10 Dimudahkan di hari kiamat

Barang siapa yang senang lamanya berdiri di hari kiamat di ringankan oleh alloh SWT,maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada alloh di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir. (ibnu jarir Ath-thabari tafsir ibnu jarir).

11 Dapat menjauhkan diri kita dari perbuatan dosa dan jahat

Dalam surah ali 'imran ayat 113

mereka itu tidak sama,di antara ahli kitab itu ada golongan yang berlaku lurus,mereka membaca
ayat-ayat Alloh pada beberapa waktu di malam hari,sedang mereka juga bersujud(shalat)

12 Termasuk hamba Alloh SWT yang beruntung

Dalam surah Az-Zumar ayat 9

apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung ataukah orang yang beribadah di
waktu malam dengan sujud dan berdiri,sedanag ia takut kepada adzab akhirat dan mengharapkan rahmat rabbnya?

Wajahnya akan tampak bersinar dan bercahaya

13 Mendapat jaminan masuk surga

14 Dapat di lindungi dari api neraka.

Tata Cara Shalat Tahajud

dalam tata cara shalat tahajud sama seperti tata cara shalat sunat lainnya

1 Niat اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Aku niat shalat tahajud karena alloh ta'ala
2 takbiratul ihram dengan membaca takbir sambil mengangkat kedua tangan
3 membaca doa iftitah
4 membaca surah alfatihah
5 membaca surah-surah pendek di alquan seperti surah annas alpalaq dan lainya
6 ruku sambil membaca tasbih tiga kali
7 i'tidal( berdiri tegak setelah ruku')
8 sujud sambil membaca tasbih tiga akali
9 duduk dan membaca bacaannya terus sujud lagi
untuk raka'at yang kedua sama seperti rakaat yang pertama, setelah selesai sujud kemudian duduk tasyahud akhir
dan membaca baca'annya kemudian membaca salam.

Jumlah Rakaat Shalat Tahajud

Untuk jumlah rakaat shalat tahajud batas minimalnya dua rakaat,untuk maksimalnya tergantung kesanggupan masing-masing. Rasululloh pernah melaksanakan shalat tahajud 8 rakaat dengan 3 rakaat shalat witir.beliau juga pernah shalat tahajud 8 atau 10 rakaat dengan satu rakaat witir

Waktu Shalat Tahajud

Secara umum shalat tahajud mesti dilaksanakan setelah shalat isya dan bangun tidur.
ada tiga pilihan waktu yang bisa dilaksanakan pertama di awal malam tepatnya antara
waktu isya dan pukul sepuluh malam ini merupakan sepertiga malam pertama.

kedua adalah tengah malam antara pukul sepuluh malam sampai pukul satu pagi
waktu ini disebut dengan dua pertiga malam.

ketiga adalah akhir malam yang berlangsung antara pukul satu dini hari hingga menjelang subuh
yang disebut dengan sepertiga malam terakhir,namun berdasarkan keterangan waktu yang paling tepat adalah waktu yang ketiga yaitu sepertiga malam terakhir.

Hal ini sebagai mana hadits nabi bahwa sepertiga malam terakhir merupakan waktu dimana rahmat Alloh turun langsung kebumi sehingga setiap do'a yang di panjatkan akan dikabulkan,permintaan akn diberikan dan permohonan ampun akan di ampuni oleh Alloh SWT.

Do'a Shalat Tahajud

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا
اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya :
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Itulah tadi penjelasan tentang shalat tahajud mulai dari keutamaan shalat tahajud,tata cara shalat tahajud niat shalat tahajud juga di lengkapi dengan doa arab latin dan juga artinya dan pada intinya shalat tahajud hampir sama seperti shalat sunah lainnya seperti shalat hajat,shalat istikharah,sekian dan semoga bermanfaat.