Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan Dan Minum Sesuai Sunnah

Doa sebelum dan sesudah makan dan minum - Doa sebelum dan sesudah makan atau minum sering kali kita ajarkan kepada anak-anak,tepatnya pada usia dini.dan pasti kita juga pernah mengalaminya.di ajarkan membaca doa sebelum makan dan sesudah makan atau minum oleh orang tua kita. Tujuannya tiadak lain supaya makanan yang kita makan mengandung berkah dari Allah SWT.

Mungkin kita sudah tidak heran lagi melihat anak kecil sudah bisa menghafal doa sebelum makan dan sesudah makan meskipun masih kurang jelas dan terbata-bata,tapi kita sebagai orang tua harus bangga.kita juga sebagai orang dewasa jangan sampai lupa membaca doa sebelum dan sesudah makan atau minum.

Makan dan minum adalah suatu kebutuhan yang menunjang jasmani kita supaya sehat dan mampu beraktifitas,Karena secara syari'at jika badan kita tidak di ber inutrisi,maka seperti kita ketahui jika kita tidak makan atau minum otomatis badan kita akan terasa lemas,lesu dan letih.

Doa sebelum dan sesudah makan dan minum


Maka dari itu supaya badan kita sehat segar harus di beri nutrisi yang menunjang kesehatan badan kita yaitu di antranya dengan cara makan dan minum dengan teratur. Namun perlu di ketahui supaya makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita menjadi berkah dan menjadi ibadah,maka bacalah doa sebelum makan/minum dan doa sesudah makan/minum.

Nah di artikel kali ini kami akan menuliskan doa-doa sebelum makan/minum dan sesudah makan/minum,agar ketika kita makan atau minum di jauhkan dari goda'an syetan,dan supaya makanan dan minuman yang kita makan dan minum menjadi lebih berkah dan membawa khusyu'an dalam ibadah.

Berikut ini doa sebelum makan:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya:
"Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka"

Doa di atas tersebut di baca sebelum makan yang tujuannya sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberi kita rizki sehingga kita bisa makan dan supaya kita tidak di ganggu syetan ketika makan.

Doa setelah makan:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alnaa muslimiin
Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam"

Maksud doa di atas adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberi nikmat makan dan minun dan menjadikan kita sebagai orang muslim.

Doa setelah minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا
Alhamdu lillaahil ladzi ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami"

Jika kita lupa membaca doa sebelum makan karena misalkan terburu-buru akaibat lapar maka bacakanlah doa berikut ini:

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya"

Itulah bacaan doa sebelum dan doa sesudah makan dan minum dan bacaan ketika kita lupa membaca doa sebelum makan,dan alangkah baiknya jika setiap melakukan sesuatu kita mengawalinya dengan bacaan basmallah semoga bermanfaat.