Doa Naik Kendaraan Darat Laut Dan Udara Arab Latin Artinya Lengkap

Doa Naik Kendaraan Darat Laut Dan Udara - Kita sebagai orang muslim patut bangga karena dalam agama kita setiap kita melaksanakan aktifitas sehari-hari,agama kita mengajarkan kita untuk selalu berdoa.seperti halnya ketika kita ingin naik kendaraan baik kendaraan darat laut maupun udara kita di anjurkan untuk membaca doa naik kendaraan.

Di zaman Rasululloh kendaraan yang di gunakan Unta dan kuda ada pula kendaraan laut yaitu kapal,berbeda dengan zaman sekarang yang sudah sedemikian maju,ada speda motor,mobilkereta api,pesawat kapal dan banyak lagi yang lainya.Rasululloh mengajarkan kepada kita supaya senantiasa membaca doa sebelum naik kendaran.

Tujuan berdoa ialah supaya kita di saat menaiki kendaraan terhindar dari marabahaya yang akan menimpa,juga supaya di lindungi oleh Allah SWT di saat kita berkendara sehingga kita bisa sampai tujuan dengan selamat dan tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di harapkan.


Maka dari itu supaya perjalanan kita selalu ada dalam lindungan Allah SWT,maka ketika kita naik kendaran,baik itu kendaraan laut,darat atau kendaran udara hendaklah kita membaca doa naik kendaraan terlebih dahulu,supaya di mudahkan oleh Allah di perjalanan dan di beri keselamatan.

Doa naik kendaraan darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya :
"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. "

Hikmah dari membaca doa di atas sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT,yang telah menganugrahkan kendaraan tersebut sehingga bisa kita naiki dan mengantarkan kiata samapai tujuan.

Doa naik kapal

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Doa naik kpal di atas adalah doa yang di panjatkan oleh Nabi Nuh As pada saat mengendarai kapal yang di abadikan dalam Al Quran surat Huud ayat 41

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya:
Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya". Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Hud :41)

Untuk doa naik pesawat bisa juga membaca doa naik kendaran darat seperti di atas tadi,kemudian bisa juga membaca doa naik kapal karena pesawat juga sama-sama kendaraan.

Itulah tadi doa naik kendaran,jika kita naik kendaraan hendaklah membaca doa naik kendaraan terlebih dahulu agar perjalan kita di mudahkan dan di selamatkan sampai tujuan oleh Allah SWT,semoga bermanfaat.