Doa Meminta Keturunan Yang Shaleh Dan Shalehah

Doa Meminta Anak/Keturunan yang Shaleh dan Shalehah - Memiliki anak atau keturunan yang shaleh dan shalehah adalah idaman bagi setiap keluarga/orang tua.Karena doa anak shaleh bisa meringankan beban siksa orang tua di alam kubur. Amal anak yang shaleh akan selalu mengalir kepada orang tuanya meskipun sudah meninggal dunia. Oleh karena itu aset yang paling berharga bagi orang tua adalah memiliki putra putri atau keturunan yang shaleh dan shalehah.

kita sering mendengar bahkan sudah tidak asing lagi di telinga kita dengan kata shaleh,tapi kebanyakan di antara kita tidak tau apa sebenarnya makna dari kata shaleh tersebut. Kata shaleh di ambil dari bahasa arab kata "shoolihun" yang artinya: Orang yang selalu menjaga haq Allah dan haq sesama manusia. Jadi yang di sebut orang yang shaleh adalah orang yang selalu menjalankan haqnya kepada Allah dan menjalankan haqnya kepada sesama manusia.

Oleh karena itu jika kita menginginkan anak atau keturunan yang shaleh dan shalehah,sering-seringlah kita memanjatkan doa meminta di beri keturunan sholeh kepada Allah SWT. Karena dengan adanya anak atau keturunan yang shaleh dan shalehah akan selalu memberikan keberkahan bagi orang tuanya di dunia maupun di akahirat. Sebagaimana dalam Hadits riwayat Imam Muslim,dari Abu Hurairah ra Rasulullah
bersabda:

"JIka mati anak Adam,maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara
1 Sedekah jariyah
2 Ilmu yang bermanfaat
3 Anak yang shaleh yang selalu mendoakan orang tuanya.

Berikut ini doa untuk memohon kepada Allah supaya
di beri keturunan yang shaleh dan shalehah:

Doa Nabi Ibrahim As
رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Robbi hablii minash shoolihiin” [Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh]”. (QS. Ash Shaffaat: 100).Ini adalah do’a yang bisa dipanjatkan untuk meminta keturunan, terutama keturunan yang sholeh.

Doa Nabi Dzakariya ‘alaihis salaam
رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa’” [Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa] (QS. Ali Imron: 38).

Bisa Juga doa yang ada dalam surah Al Ahqaf ayat 15

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Robbi awzi’nii an asy-kuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa an a’mala shoolihan tardhooh, wa ash-lihlii fii dzurriyatii, inni tubtu ilaika wa inni minal muslimiin” [Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri] (QS. Al Ahqof: 15).

kemudian doa berikut ini:
اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

“Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii“ (Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri).”

Mudah-mudahan dengan adanya beberapa doa meminta keturunan sholeh di atas tadi kita semua bisa mengamalkannya dan di beri keturunan yang shaleh dan shalehah.