Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Arab Latin Sesuai Sunnah

Doa Masuk Mesjid dan Keluar Mesjid - Masjid adalah sarana tempat ibadah yang paling mulia,dan tempat berkumpulnya umat muslim untuk mnjalankan ibadah.Oleh karena itu kita sebagai umat muslim patut dan wajib menjaga dan merawat tempat tersebut.bahkan dosa hukumnya jika kita mengotori mesjid meskipun dengan sesuatu barang yang suci.bahkan saking mulianya mesjid menceritakan haliyah duniawi di dalam mesjid hukumnya haram.

Mesjid adalah tempat paling baik dan paling di cintai Allah di muka bumi ini. Dari Abi Hurairah, Rasulullah Saw bersabda, ”Tempat paling dicintai Allah di negeri-negeri adalah masjid-masjid dan tempat yang paling dibenci oleh Allah di negeri-negeri adalah pasar-pasarnya” (HR. Muslim).jadi jelas bahwa tempat yang paling baik dan paling di cintai Allah adalah mesjid sdan yang paling di benci Allah adalah pasar.

Mesjid sudah jelas,rumah Allah,tempat ibadah tempat termulia di muka bumi,tempat aktivitas ke islaman.Di negara-negara barat yang muslimnya minoritas umat islam harus berjuang keras untuk bisa mendirikan mesjid,tidak jarang warga sekitar yang non muslim menentangnya.Tidak jarang mesjid yang di kotori dan di rusak oleh orang-orang non muslim yang tak suka dengan keadaan orang-orang muslim.

Doa Masuk Mesjid dan Keluar Mesjid

Oleh karena itu kita sebagai ummat muslim jika ingin masuk mesjid harus dengan adab dan tata cara yang baik,membaca doa masuk mesjid,dan ketika keluar abcalah doa keluar mesjid,dan sudah seharusnya kita sebagai umat muslim menghargai dan menggunakan sopan santun ketika masuk masjid,tempat suci ini harus di jaga kebersihan dan kesuciannya Sabda Rasulullah SAW seperti diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA :

من السنة إذا دخلت المسجد أن تبدأ برجلك اليمنى، وإذا خرجت أن تبدأ برجلك اليسرى

Artinya : "Termasuk ajaran Nabi Muhammad SAW, ketika anda masuk masjid, anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar, mendahulukan kaki kiri.” (H.R. Hakim, dishahihkan oleh Ad-Dzahabi)

Doa Masuk Mesjid:

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.

"A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika".

Artinya : “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Doa Keluar Mesjid:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

"Allahumma inni as-aluka min fadhlik"

Artinya : "Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu"

Itulah tadi adab atau etika masuk masjid di lengkapi dengan doa masuk masjid dan doa keluar masjid semoga kita semua bisa menjaga dan memakmurkan mesjid dan semoga bermanfaat dunia dan akhirat