Bacaan Niat Puasa Ramadhan Dan Bacaan Doa Berbuka Puasa

Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Berbuka - Menjalankan puasa di bulan Ramadhan merupakan suatu kewajiban bagi setiap oramg muslim yang baligh dan berakal sehat,meneta (bukan orang musafir) serta wanita yang suci dari haid dan nifas.Di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh,kita di tuntut oleh Allah menjalankan rukun islam yang ke empat. Puasa yang berarti kita harus menahan lapar,dahaga menahan hawanafsu dan pembatalan lainnya dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Mengenai hukum wajibnya puasa Ramadhan Allah berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa". Dan juga dalam hadits dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah bersabda: Islam di dirikan atas lima dasar yaitu:mengakui tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah,mendirikan shalat,membayar zakat,puasa Ramadhan dan memnunaikan ibadah haji.

Sebelum menjalankan ibadah puasa yang harus kita lakukan adalah membaca niat puasa ramadhan terlebih dahulu,di sertai niat di dalam hati dengan sungguh-sungguh karena Allah ta'ala. Niat merupakan amalan pokok yang menentukan di terima atau tidakny amal kita.waktu membacakan niat puasa bulan ramadhan adalah di malam hari,tepatnya setelah shalat isya sampai sebelum terbitnya
fajar/sebelum waktu imsak.

Niat merupakan amalan yang paling penting dalan menjalankan ibadah,ibadah apapun bentuknya yang paling berpengruh adalah niat. Oleh karena begitu pentingnya niat maka jangan pernah mengharap imbalan dari Allah SWT jika dalam ibadah kita tidak di dasari dengan niat yang benar dan karena Allah SWT.Maka sebelum menjalankan ibadah niatkan dalam hati dengan baik dan benar supa amal ibadah kita tidak menjadi sia-sia.

Untuk bacaan niat puasa di bulan Ramadhan sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA
Artinya :Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Setelah menjalankan ibadah puasa seharian penuh,biasnya waktu yang paling kita tunggu-tunggu adalah waktu berbuka,yaitu pada waktu siang telah berlalu dan matahari telah terbenam atau datangnya adzan maghrib. Di jelaskan dalam hadis dari Umar Bin Khathab ra bahwa Rasulullah SAW bersabda:"Apabila malam telah datang dan siang beranjak pergi serta matahari telah terbenam maka orang berpuasa telah waktunya berbuka".(HR.Bukhari dan Muslim).

Apabila waktu maghrib telah tiba atau adzan telah bekumandang kita jangan terburu-buru menyantap hidangan sebelum membaca doa berbuka puasa,dan di sunnahkan setelah berdoa memakan makanan yang manis,yang paling utama adalah kurma sebanyak tiga biji.

Berikut doa berbuka puasa Ramadhan:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN
Artinya :
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Itulah tadi bacaan doa buka puasa dan bacaan niat puasa Ramadahan semoga segala amal ibadah kita di terima oleh Allah SWT dan mendapat balasan yang bisa menyelamatkan kita dari siksa api neraka amiiiin semonga bermanfaat