Doa Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur Sesuai Sunnah

Doa Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur Sesuai Sunnah - Di antara kenikmatan yang Allah berikan kepada hambanya yaitu nikmatnya tidur.Maka ketika seseorang di beri rasa ngantuk oleh Allah SWT maka dia akan pergi dan tertidur,karena obat yang paling mujarab untuk mengobati rasa kantuk adalah tidur.

Namun bagi kita seebagai umat yang beragama islam,yang memiliki adab dan etika ketika melaksanakan segala sesuatu.Maka jika kita sudah merasakan rasa kantuk dan ingin tertidur,hendaklah kita membaca doa sebelum tidur.Begitu juga ketika kita bangun tidur,bacalah doa setelah bagun tidur.

Apa tujuannya kita berdoa sebelum tidur dan setelah bangun tidur,tujuannya tiada lain sebagai bentuk meminta pertolongan kepada Allah SWT supaya kita selalu di jaga oleh Allah dari gangguan syetan yang yang tiada henti selalu menyesatkan,baik itu di kala kita sedang bangun ataupun sedang tertidur.

Jika kita menginginkan di waktu tidur kita di hiasi dengan mimpi yang baik dan indah maka biasakanlah sebelum tidur,bewudhu dulu kemudian membaca doa sebelum tidur,dan jangan lupa ketika bangun tidur bacalah doa bangun tidur sebagai bentuk syukur kita terhadap Allah yang telah membangunkan kita dari tidur.



Tidur tidak jauh beda dengan mati,hanya saja tidur bisa di bilang mati untuk beberapa saat,sedangkan mati adalah tidur untuk selamaya.Di karenakan tidur setengah dari kematian hendaklah sebelum tidur membaca doa terlebih dahulu.sebagai mna dalam firman Allah SWT:

وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِاللَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ ثُمَّ يَبْعَثُكُمْ فِيهِ لِيُقْضَى أَجَلٌ مُسَمًّى ثُمَّ إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ ثُمَّ يُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya :

"Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur (mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan." (Q.S Al-An'am : 60)

Doa sebelum tidur:

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

BISMIKA ALLAHUMMA AHYAA WA BISMIKA AMUUT(U)

Artinya :

"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati."

Doa bangun tidur:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

AL HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA'DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR(U)

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan."

Adapun amalan-amalan yang di anjurkan oleh Rasululloh

1 Menjaga wudhu,sebelum tdir hendaklah kita mengambil wudhu dahulu
2 Membaca basmalah 21x
3 Memperbanyak dzikir dan istighfar
karena dengan memperbanyak dzikir dan istighfar akan membuat hati kita menjadi tenang
4 Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas secara berurutan
Setelah membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebanyak satu kali masing-masingnya, lalu jangan lupa tiupkan pada bagian telapak tangan. Selanjutnya anda bisa menggunakan telapak tangan tersebut untuk mengusap (seperti halnya gerakan wudhu) pada bagian seluruh tubuh mulai dari bagian wajah, bagian tangan, sampai bagian kaki dan juga bagian-bagian lainnya yang mungkin bisa anda jangkau dengan mudah.

Selesai mengusapnya secara menyeluruh, lakukan hal yang sama mulai dari membaca lagi surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sampai proses pengusapan sampai sebanyak 3 kali. (HR. Al-Bukhari no. 5017 dan Muslim no. 2192, Malik dalam al-Muwaththa’, Abu Dawud no. 3902, at-Tirmidzi no. 3402, Ibnu Majah no. 3529, dan an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 793).

Kemudian lanjutkan dengan:

Bacalah Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 255 (biasa disebut dengan ayat kursi) sebanyak satu kali saja. (HR. Al-Bukhari no. 2311/ Fat-hul Baari V/487)
Bacalah dua ayat terakhir dari Al-Qur’an surat Al-Baqarah sebanyak 1 kali. Hal ini dilakukan sesuai dengan sabda Rasulullah Saw, berikut penjelasannya : “Barangsiapa membaca dua ayat tersebut pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah mencukupkan-nya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Bacalah Al-Quran surat Al-Kafirun. Hali sesuai dengan ajaran dari Rasulullah Saw yang dahulu juga diajarkan kepada sahabatnya bernama Naufal. (HR Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi)
Yang terakhir adalah membaca Al-Qur’an surat Al-Mulk dan As Sajdah. Bacaan ini sesuai dengan penjabaran dari sahabat dekat Jabir bin Abdillah. Berikut penjelasannya : “Tidaklah Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam tidur sampai beliau membaca alif lam mim tanzilus sajdah (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi biyadihil mulk (surat Al Mulk).” (HR Bukhari)

5 Membaca ayat qursyi

6 Membaca doa sebelum tidur seperti yang di jelaskan tadi di atas

Itulah tadi doa sebelum tidur di lengkapi dengan doa bangun tidur,semoga kita semua selalau dalam lindungan Allah SWT.