Tata Cara Sholat Idul Fitri Dan Idul Adha Bacaaan Niat Dan Doanya Lengkap

Tata cara shalat idul fitri dan keutamaanya - Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan,seluruh umat islam di dunia akan merayakan hari raya idul fitri. kata id artinya kembali,sedangkan fitri adalah kesucian,jadi idul fitri itu kembali pada kesucian.setelah menjalankan
ibadah puasa Ramadhan seluruh umat muslim kembali pada fitrahnya yaitu kesucian,sama halnya seperti bayi yang baru lahir yang tidak punya dosa dan kesalahan.

Umat muslim yang menjalankan pusa Ramadhan dan di hiasi dengan berbagai amal shaleh,seperti membaca Al quran qiyamu lail dan amal-amalan yang lainya,maka semua dosa yang telah ia perbuat akan di ampuni oleh Allah SWT.seperti halnya anak bayi yang baru lahir,yang bersih tanpa ada noda sedikitpun,nah itulah makna dari hari raya idul fitri yaitu kembali pada kesucian.

Idul fitri atau hari lebaran adalah suatu momen yang paling di tunggu-tungu oleh seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia,yang di rayakan pada tanggal satu syawal. Shalat idul fitri merupakan ibadah yang hanya di lakukan satu kali dalam setahun. Dalam cara pelaksanaannya shalat idul fitri di laksanakan pada pagi hari tanggal satu syawal secara berjamaah di mesjid atau di lapangan.


Namun sebelum melaksanakan shalat idul fitri kita harus mengetahui tentang tata cara shalat idul fitri,niatnya,juga keutamaannya. Nah pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang shalat idul fitri,mulai dari bacaan niatnya,tata cara shalatnya,dan keutamaanya,supaya ikhwan dan akwat semua bisa tahu tentang shalat idul fitri yang baik dan benar sesuai syariat.

Waktu melaksanakan shalat idul fitri

Shalat idul fitri di laksanakn pada tanggal satu syawal,di lakukan pada waktu pagi sekitar pukul 7-8,berbeda dengan pelaksanaan shalat idul adha yang lebih awal kira-kira jam 6 tiga puluh,karena setelahnya ada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Persiapan Sebelum Shalat Idul Fitri

1 Mandi dan mensucikan diri

sebelum berangakat melasanakan shalat idul fitri,hendaknya kita mandi dan mensucikan diri dahulu dan jangan lupa berwudhu. terkadang seseorang lupa berwudhu terutama kepada para wanita yang memakai make up setelah mandi,karena wudhu merupan syarat sah dalam shalat

2 Memakai pakain yang terbaik

Saat hendak melaksanakan shalat idul fitri,sebaiknya kita menghias diri dengan memakai pakaian yang terbaik memakai wangi-wangian,maksud pakaian terbaik bukan berarti baru tapi pakaian yang bersih dan suci,dan di utamakan pakaian putih. karena sabda Rasululloh "laisal id liman labisal jadid walakinnal id liman tha'atuhu taziid" Artinya tidak termasuk orang yang kembali pada kesucian orang yang memakai pakaian bagus,tetapi orang yang bertambah dalam keta'atannya itulah yang di sebut orang yang kembali pada kesuciannya.

3 Makan

Sebelum pergi melaksanakan sholat Id kita dianjurkan makan terlebih dahulu di pagi hari.hal ini di maksudkan bahwa pada hari raya idul fitri umat islam tidak lagi melaksanakan ibadah puasa,hal inilah yang membedakan dengan idul adha,karena pada hari raya idul adha kita tidak di anjurkan untuk makan dahulu.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ الأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ فَيَأْكُلَ مِنْ أُضْحِيَّتِهِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fithri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.”

4 Berjalan kaki dan menempuh jalan yang berbeda

Saat pergi melaksanakn shalat idul fitri hendaknya kita berjalan kaki daripada memakai kendaraan kecuali,jika ada halangan atau hajat.yang di maksud menempuh jalan yang berbeda/berlainan adalah waktu berangkat dan pulangnya harus menempuh jalan yang beda,tujuannya supaya lebih banyak bertemu dengan orang-orang yang melaksanakan shalat id dan saling berminal aidzin. sebagaimana dalam hadits:

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا كَانَ يَوْمُ عِيدٍ خَالَفَ الطَّرِيقَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘ied, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.



5 Melafalkan takbir

Sebelum melaksanakan shalat id sebaiknya kita melapalkan kalimat takbir,sebagai tanda bahwa kita sangat mengagungkan Allah dan gembira menyambut hari raya idul fitri dengan mengucapkan

Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar laa ilaaha illalloh wallahu akabar Allahu akbar walillaahi ilhamd(Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar tidak ada sesembahan yang berhak di sembah selain Allah,Allah Maha Besar Allah Maha Besar segala pujian baginya).

Tata cara shalat idul fitri

Dalam pelaksanaan shalat sunnat idul fitri sama seprti shalat wajib dan sunah pada umumnya cuma ada sedikit perbedaan.

berikut penjabarannya

1. Niat,bacaan niatnya
Usholli sunnatal li'idil fitri rok'ataini makmuuman lillahi ta'aala.Aku niat shalat sunnat idil fitri
dua rakaat jadi makmum karena Allah taala

2. takbiratul ihram kemudian membaca takbir sebanyak 7 kali selain takbiratul ihram sambil mengangkat kedua tangan,di antara
takbir-takbir tersebut hendaknya membaca

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِ

“Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii (Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku).

3. membaca surat Al fatihah,kemudian membaca surat lainnya

4. kemudian lakukan gerakan seperti gerakan shalat pada umumnya yaitu ruku i'tidal dan sujud

5. setelah berdiri lagi masuk rakaat kedua,kemudian membaca takbir sebanyak lima kali dengan lafadz yang sama seperti rakaat
pertama

6. membaca surat Al fatihah dan surat lainya

7. kemudian lakukan gerakan seperti shalat lainya sampai duduk tasyahud/tahiyat akhir kemudian salam.
setelah salam kemudian khotib berkhutbah atau berceramah sebagimana syarat dan rukunnya khutbah

Demikian pengertian dan penjelsan tentang shalat idul fitri,yang mana dalam tata cara shalat idul fitrinya tidak jauh berbeda dengan tata cara sholat idul adha. Mudah-mudahn kita semua bisa mengamalkanya tanpa ada halangan,karena shalat ini sangat afdhol di lakukan setelah menjalankan ibadah puasa.