Manfaat Sholat Hajat Keutamaan Tata Cara Niat Dan Doanya

Pengertian shalat hajat keutamaan tata cara Niat dan doanya - Shalat hajat sesuai dengan namanya adalah shalat sunah,yang di kerjakan dengan maksud khusus,meminta di kabulkan segala keinginan dan hajat oleh Allah SWT. Pada dasarnya setiap manusia yang ada di muka bumi pasti memiliki keinginan dan hajat masing-masing,ada kalanya keperluan atau kebutuhan yang sipatnya ringan ada kalanya juga keperluan atau keinginan kita yang sipatnya berat

Walaupun keinginan kita sipatnya ringan,kita tetap di anjurkan untuk meminta dan berdoa kepada Allah SWT,seperti yang di contohkan oleh para sahabat,mereka banyak berdoa dan meminta kepada Allah meski dalam urusan kecil sekalipun,sebab rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda:hendaklah salah seorang di antara kalian meminta kebutuhannya kepada Allah,sampai ketika meminta garam,sampaipun meminta tali sendalnya ketika putus(HR.Tirmidzi;hasan).

Ketika kebutuhan atau hajat itu di nilai besar,rasulullah mengjarkan untuk tidak hanya berdoa,namun harus mendahuluinya dengan shalat dua rakaat,nah inilah yang di sebut dengan sebutan sholat hajat.Tujuannya tiada lain supaya keinginan kita cepat di kabul oleh Allah SWT. Maka jika kita mempunyai hajat hendaklah meminta kepada Allah dan melakukan shalat hajat terlebih dahulu.

Maka dari itu buat teman-teman yang belum tahu tentang tata cara shalat hajat,niat shalat hajat,keutamaannya dan juga doanya,pada kesempatan kali ini admin akan menuliskan tentang sholat hajat,mulai dari tata cara,niat,doa dan juga keutamaannya,Dalm tata cara sholat hajat sama saja seperti sholat lainnya seperti sholat dhuha,sholat tahajud,sholat istikharah dan lainnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapan membantu ikhwan dan akhwat yang belum tau tentang shalat hajat tapi ingin mengerjakannya.Silahkan di simak dan di amalkan.

Keutamaan Sholat hajat

Keutamaan shalat hajat mengutip dari hadits shahih dari Abu Darda radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi SAW bersabda: barang siapa yang berwudhu dan menyempurnakannya,kemudian mengerjakan shalat dua rakaat dengan sempurna maka Allah akan memberi apa saja yang ia minta,baik segera maupun lambat.

Keistimewaan Sholat Hajat

Dari Utsman bin Hunaif radhiyallohu 'anhu,bahwa pernah ada seorang laki-laki buta datang kepada rasululloh,dan berkata wahai rasululloh,berdoalah kepada Allah agar menyembuhkan penglihatan mataku lalu beliau bersabda atau aku biarkan saja engkau seperti itu?dia berkata "wahai rasulluloh hilangnya penglihatanku memberatkan ku"rasululloh bersabda pergilah lalu berwudhulah kemudian shalatlah dua rakaat lalu bacakanlah do'a :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِىِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّى تَوَجَّهْتُ إِلَى رَبِّى بِكَ أَنْ يَكْشِفَ لِيْ عَنْ بَصَرِيْ اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِىَّ وَ شَفِّعْنِيْ فِيْ نَفْسِيْ

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu agar Dia menyembuhkan penglihatanku. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku dan terimalah syafaatku pada diriku.”

Lalu ia pun pulang dan Allah menyembuhkan penglihatannya.” (HR. Tirmidzi; hasan)

Tata Cara Shalat Hajat

Dalam tata cara sholat hajat sama halnya dengan sholat sunnah pada umumnya.sebelum sholat disyaratkan bersuci dahulu suci dari hadas besar maupun hadas kecil,bersih badannya,bersih pakaiannya,dan juga bersih tempatnya.

Tata caranya sebagai berikut:

1.Niat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal haajati rokataini lillahitaala Artinya: Aku niat sholatsunnat hajat dua rakaat karena alloh ta'ala

2.Takbiratul ihrom diikuti dengan membaca do'a iftitah
3.Membaca surat al-fatihah
4.Membaca surat-surat pendek
5.Ruku
6.I'tidal
7.Sujud
8.Duduk diantara dua sujud
9.Sujud kedua terus berdiri lagi dan membaca surat al-fatihah seperti halnya dalam rakaat yang pertama.Setelah sujud yang kedua terus duduk tasyahud akhir kemudian membaca salam.
setelah selesai sholat dianjurkan berdzikir sebagi mana penjelasan imam nawawi dalam Al-adzkar dan kemudian berdo'a memohon hajat atau kebutuhan agar dapat dikabulkan Alloh SWT.

Do'a Sholat Hajat
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: "Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang."

Itulah tadi artikel tentang pengertian shalat hajat,niat sholat hajat ,di lengkapi dengan doa bahasa arab latin dan artinya.Namun perlu di ketahui supaya doa kita cepat di kabul oleh Allah SWT kita harus mengetahui bagaimana tata cara berdoa agar mudah di kabul Allah yang baik dan benar menurut tuntunan Rasulullah.Dengan adanya shalat hajat ini semoga semua yang kita hajatkan di kabul Allah SWT Amiiiin